- August 19, 2012
- Posted by: IT DIVISION
- Category: Artikel, Berita, Uncategorized

Perkembangan dunia usaha yang begitu cepat, melahirkan tuntutan yang begitu kompleks akan jaminan akan mutu produk/jasa. Bisa pastikan suatu organisasi/perusahaan yang memiliki sistem yang baik dan fokus terhadap pelanggan (bisa memenuhi kriteria pelanggan) yang mampu keluar menjadi pemenang atas kompetitornya.
System organisasi perusahaan yang baik mutlak diperlukan untuk segala bentuk organisasi termasuk untuk perusahaan pelayanan jasa misalnya sekolah, medis, kantor pelayanan public, maupun kantor jasa penilai publik.
Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang memiliki Penilai terdaftar di Bapepam dan LK, wajib memiliki dokumen pedoman pengendalian mutu yang berlaku pada KJPP yang bersangkutan dan senantiasa menerapkannya dalam setiap pelaksanaan penilaian di Pasar Modal.
Pedoman pengendalian mutu tersebut sekurang-kurangnya mencakup hal-hal sebagai berikut:
· pedoman penerimaan dan penolakan klien;
· kebijakan kepastian mutu dan etika;
· pedoman manajemen risiko;
· pengendalian mutu pekerjaan penilaian;
· pedoman independensi;
· penelaahan mutu, dan
· prosedur penilaian.
Untuk mengakomodir semua persyaratan diatas maka KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) perlu menerapkan Sistem Manajemen ISO 9001:2008. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 diperlukan dalam operasional organisasi perusahaan yang memerlukan sistem manajemen mutu yang sistematik dan terdokumentasi dengan baik serta penerapan yang efektif.
Melalui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 organisasi perusahaan dapat memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.Beberapa point Positif atas perusahaan yang menerapkan SMM ISO 9001:2008 adalah sebagai berikut ;
· Kepuasan pelanggan terjamin
· Koordinasi kerja menjadi lebih baik
· Kesalahan terdeteksi lebih awal
· Konsistensi operasi dalam menghasilkan produk bermutu
· Memberikan pelatihan sistematik kepada semua karyawan dengan menentukan prosedur dan intruksi kerja
· Meningkatkan mutu produk/jasa dalam perusahaan
· perbaikan berkelanjutan pada proses mutu produk/jasa
· Memelihara mutu yang diinginkan dengan biaya optimal, dan dengan sumberdaya yang tersedia secara terencana dan efisien.
· Memberikan keyakinan terhadap kemampuan organisasi untuk memenuhi kriteria mutu yang diinginkan pelanggan.
sumber: PT.Bina Mitra Consulindotama
Contact Person : Edwin Ardiansyah (Konsultan ISO)
HP : 0856 4885 5972